Saturday 25 November 2017

Pesta Resepsi Pernikahan Adat Mandailing



Budaya Medan menjadi tardisi dalam acara Resepsi pernikahan. Dan Pesta adat Mandailing pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Medan, Sumatera Utara, telah memasuki hari kedua. Di mana pada hari ini, Sabtu (25/11/2017), merupakan acara puncak dari pesta adat Mandailing atau dikenal dengan Mata Ni Horja.


Dalam acara tersebut, Kahiyang berbalut kebaya warna merah. Kebaya berpotongan panjang tersebut dipasangkan dengan kain songket berwarna oranye.
Tampak kain songket berwarna senada disilangkan di area dada. Mempertegas penampilan khas Mandailing, tak lupa Kahiyang menggunakan hiasan kepala bulang tujuh tingkat yang disematkan di kepala Kahiyang lengkap dengan kerudung renda berwarna merah.
Putri satu-satunya pasangan Jokowi dan Iriana itu menggunakan sejumlah aksesori berwarna keemasan, seperti kalung berukuran besar. Rambutnya ditata sanggul modern, sementara riasan wajahnya tampak ditonjolkan pada pulasan lipstik berwarna merah menyala. Riasan wajahnya merupakan kreasi make-up artist Barry Irawan.
Bukan buket bunga yang biasa dibawa oleh pengantin wanita, di adat Mandailing, pengantin wanita membawa batang pisang berisi daun-daunan. Hal tersebut memberi makna berupa pengharapan agar
Kahiyang dan Bobby segera mendapat keturunan serta harapan agar rumah tangganya senantiasa dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa.
Sementara, Bobby mengenakan beskap warna hitam dengan bordir emas dan songket berwarna senada yang menjadi luaran celananya. Bobby juga menggunakan ampu, yang merupakan hiasan kepala pengantin pria berwarna hitam dengan ornamen emas.
Kahiyang dan Bobby tengah berjalan menuju Galanggang atau area pelaminan. Mereka berjalan diiringi oleh saudara laki-laki dan perempuan Bobby.
Sementara itu, rentetan acara pernikahan adat hari kedua, meliputi Mangulosi Bayopangoli Dohot Boru Nadioli, Tu Tapian Raya Bangunan Namartua, Mangupa Dohot Manabalkon Goar Matobang, Manortorkon Bayo Pangoli Dohot Boru Nadioli, dan terakhir Manyoda Gordang Dohot Gondang, yang bertempat di kediaman Bobby Nasution di Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara.